Di zaman di mana aktivitas hacking berkembang dengan cepat, persoalan keamanan situs web lebih penting dari sebelumnya. Tapi sering saat membangun sebuah situs web, keamanan berada di urutan paling bawah daftar prioritas pengembang website. Dan sulit untuk memahami bagaimana membangun situs web yang kuat dan aman yang memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk melawan upaya hacking, malware, dan virus. Dan secara teratur menjalankan proteksi antivirus jarang cukup untuk menjaga keamanan situs Anda!

Kami menyusun panduan yang mudah dan komprehensif untuk membangun situs web yang lebih aman dari awal, menawarkan tips dan saran praktis yang dapat membuat situs web Anda menjadi lebih aman dari sasaran hacking. Menurut statistik yang dipublikasikan, sebanyak satu dari tiga situs di seluruh internet sangat rentan. Jangan biarkan Anda menjadi salah satu dari mereka!

Baca juga : Panduan Desain Web Untuk Menciptakan Situs Menarik & Memukau

Pilih CMS Anda dengan Keamanan Tingi

Sebagian besar situs web dibangun pada CMS seperti Joomla atau WordPress. Tapi CMS yang Anda pilih dapat memiliki dampak dramatis pada keamanan situs web Anda. Sebagai contoh, kebanyakan hacker akan memilih untuk meng-hack situs berbasis CMS populer, karena mereka mewakili kumpulan target website populer yang lebih besar. Tapi perlu diketahui bahwa CMS yang populer umumnya sering ditambal dan diperbarui untuk memperbaiki kerentanan dari serangan hacker.

Jika Anda merasa bisa secara teratur memeriksa pembaruan CMS Anda dan mudah menginstalnya, pilihan yang kami rekomendasikan adalah WordPress, selain itu banyak tersedia plugin keamanan yang anda bisa unduh secara gratis dengan fitur yang sangat powerfull.

Pilih Hosting Yang Aman

Sebagian besar pengembang situs web menyadari bahwa mereka dapat membeli mekanisme keamanan tambahan untuk hosting mereka dari penyedia hosting mereka. Tapi jenis hosting yang anda miliki juga bisa mempengaruhi keamanan anda. Misalnya, shared hosting umumnya kurang aman dibanding dedicated hosting. Dan menjaga database dan cpanel Anda secara teratur diperbarui (sama seperti CMS anda) juga dapat membantu menerapkan patch keamanan dan pembaruan untuk meningkatkan keamanan hosting Anda.

Instal Plugin dengan Bijak

Jika Anda menggunakan CMS untuk situs web Anda, kemungkinan ada puluhan, bahkan ratusan plugin potensial untuk dipasang di situs web Anda. Plugin ini dapat membantu situs web Anda melakukan apa saja. Tapi kami memperingatkan pengembang agar tidak menginstal terlalu banyak plugin, hanya karena setiap plugin baru adalah elemen lain dari core CMS itu sendiri yang mungkin memiliki celah yang mudah bagi hacker untuk masuk ke situs web Anda.Aturan praktis yang bagus adalah memasang satu atau dua plugin yang mengerjakan banyak tugas yang Anda butuhkan, daripada memasang plugin yang masing-masing mengkhususkan secara individual. Anda juga harus mengecek pembaruan secara reguler, untuk memastikan bahwa semua plugin diperbarui ke versi terbaru mereka sesering mungkin.

Lindungi Halaman Login Anda

Selalu pastikan bahwa form login dan username pengguna tidak pernah ditampilkan di situs web. Dan dalam hal ini, pastikan akun administrator untuk login ke situs web Anda tidak diberi nama 'admin'. Nama akun 'admin' adalah yang paling populer di internet, dan sayangnya, fakta ini membuat semua hacker lebih mudah masuk ke situs web. Dengan menggunakan nama dan kata kunci baru yang panjang, dengan karakter yang rumit, dapat menambahkan lapisan perlindungan yang substansial ke situs web Anda.

Tips Keamanan Lainnya

Terkadang terjadi bahwa komputer Anda sendiri dapat membantu menyebarkan virus dan masalah lainnya ke situs web Anda. Selalu miliki anti virus keamanan yang ketat terpasang dan aktif di komputer Anda  dan gunakan perlindungan antivirus Anda untuk melakukan scan secara reguler. Cobalah untuk menghindari penggunaan jaringan publik jika memungkinkan, dan bersihkan cache browser Anda secara teratur.